Sabtu, 10 November 2012

Kemiskinan

PEMECAHAN  KEMISKINAN MELALUI PENDEKATAN INTERDISIPLINER DAN MULTIDISIPLINER


Kemiskinan merupakan masalah sosial.Masalah sosial merupakan suatu situasi dimasyarakat yang telah menjadi warisan yang turun temurun yang memerlukan perbaikan atau pemecahan, yang timbul dari kondisi masyarakat atau  lingkungan sosial, dan yang  menghendaki penerapan kekuatan sosial untuk memperbaiki atau untuk mengatasi kemiskinan.
Berikut merupakan beberapa gambar dari masalah kemiskinan di indonesi :


Masalah sosial timbul dari kondisi masyarakat atau lingkungan sosial yang meliputi berbagai komponen yang berupa aspek sosial biologis, aspek sosial budaya, aspek sosial ekonomi, aspek sosial politik, aspek sosial geografis,dsb. Segala aspek tadi mengadakan asosiasi dan interelasi satu sama lain membentuk suatu sistem.
Karena kehidupan sosial manusia sangat variabel maka metode pendekatan yang dapat diterapkan dimasyarakat yang berkenaan dengan pendekatan masalahnya tidak satu pendekatan saja. Didalam studi sosial ada dua pendekatan yang digunakan sebagai pemecahan masalah yaitu pendekatan interdisipliner dan multidisipliner.
Persoalan kemiskinan di indonesia merupakan fenomena global. Perlu dibahas tentang macam-macam dan sebab-sebab munculnya kemiskinan yang secara tidak langsung menjadi standar global itu.
Pertama,kemiskinan kebudayaan.

biasanya disebabkan adanya kesalahan pada subyeknya. Misalnya, malas, tidak percaya diri, gengsi, tidak memiliki jiwa wirausaha yang kompatibel, tidak mempunyai kemampuan dan keahlian,dsb.
Kedua, kemiskinan struktural;
ini biasanya terjadi disebabkan faktor eksternal yang melatar belakangi kemisikinan itu sendiri. Faktor eksternal itu biasanya disebabkan oleh kinerja pemerintahan diantaranya pemerintah yang tidak adil, korupsi, paternalistik, birokrasi yang  berbelit,dsb.
Ketiga, kemiskinan ekonomi;
biasanya disebabkan oleh faktor pekerjaan yang sangat sulit untuk didapat. Kurangnya lapangan pekerjaan bagi kalangan bawah membuat kehidupan ekonomi yang kurang layak untuk masyarakat miskin. Melambungnya harga-harga kebutuhan yang tidak sesuai dengan penghasilan kalangan menengah ke bawah. Dengan indikator ekonomi maka kemiskinan bisa dilihat dengan beberapa pendekatan yaitu produksi, pendapatan, dan pengeluaran.
Keempat, kemiskinan  sosial

bahwa kemiskinan diakibatkan karena terbatasnya interaksi sosial dan penguasaan informasi dimana terjadi sebuah ketidaktahuan mengenai teknologi informasi yang diakibatkan kurangnya atau sempitnya interaksi antara masyarakat.
Kelima, kemiskinan psikologi;
terutama akibat rasa rendah diri, fatalisme, malas, dan rasa terisolir.
Keenam, kemiskinan politik;
berkaitan dengan kecilnya akses terhadap berbagai fasilitas dan kesempatan, diskriminatif, posisi lemah dalam proses pengambil keputusan.
Ketujuh, kemiskinan pendidikan;
kurangnya pendidikan dan ilmu pengetahuan sedangkan Pendidikan secara luas merupakan dasar pembentukan kepribadian, kemajuan ilmu, kemajuan teknologi dan kemajuan kehidupan sosial pada umumnya.

Kemiskinan yang terjadi merupakan masalah yang harus ditanggung secara bersama, tidak hanya pemerintah yang melakukan penanggulangan kemiskinan tetapi masyarakatpun harus ikut serta dalam pemecahan masalah kemisikinan. Dengan melakukan terapi dari berbagai aspek diharapkan bisa membantu kemiskinan yang ada
Pemecahan melalui aspek ekonomi ; Menciptakan iklim usaha yang kondusif dan menyediakan lingkungan yang mampu mendorong pengembangan umkm secara sistemik, mandiri dan berkelanjutan. Menciptakan lapangan kerja yang mampu menyerap lapangan kerja sehingga mengurangi masalah pengangguran. Karena pengangguran merupakan masalah terbesar di Indonesia.
Pemecahan aspek social ;  digalakkannya pembangunan didaerah sehingga ineraksi social bisa lebih meningkat dengan adanya pembangunan dan teknologi yang mendukung.
Pemecahan aspek struktural ; menghapuskan korupsi, sebab korupsi adalah salah satu penyebab layanan masyarakat tidak berjalan sebagaimana mestinya. Sehingga masyarakat tidak bisa menikmati hak nya.
Pemecahan aspek psikolgi ; menanamkan rasa percaya diri dan mengembangkan kreatifitas didalam lingkungan social, dan memberikan pelayanan social kepada masyarakat.
Pemecahan aspek pendidikan ; memberikan informasi-informasi bahwa pendidikan sangat penting didalam kehidupan social, apalagi sudah diterapkannya wajib belajar 9tahun dengan bebas biaya.
Pemecahan aspek teologi ; menggalakkan program zakat, didalam ajaran islam zakat diperkenalkan sebagai media untuk menumbuhkan pemerataan kesejahteraan diantara masyarakat dan mengurangi kesenjangan kaya dan miskin.
Pemecahan aspek kebudayaan ;  mengikuti berbagai pelatihan kursus sebagai pengembangan diri agar mempunyai kemampuan dan keahlian.
Dari pendekatan berbagi aspek yang saling berkaitan didalam pemecahan masalah sosial diharapkan bisa membantu mengurangi masalah sosial kemiskinan di indonesia. Studi sosial merupakan bidang studi yang bisa membantu didalam lingkungan sosial.

Banyak sumber.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar