Sabtu, 19 Januari 2013

Atasi Siklus Menstruasi Tak Teratur



Mungkin di antara kamu ada yang pernah bahkan sering mengalami siklus menstruasi tak teratur. Ya, permasalahan tersebut biasanya dijumpai di kalangan ibu yang baru melahirkan hingga gadis yang berat badannya berlebih. Namun tak cuma itu, siklus menstruasi tak teratur bisa juga akibat sindrom ovarium polikistik atau gangguan hormon yang mempengaruhi pematangan sel telur tak dibuahi. 
 
Seorang wanita rata-rata haid setelah setiap 28 hari, sementara yang lain mungkin mengalami menstruasi antara 21 sampai 35 hari. Namun, jika seorang wanita tidak mengalami menstruasi dalam durasi ini, siklus menstruasinya dikatakan tidak teratur atau terganggu.
 
Hal ini memang kerap menimbulkan perasaan tidak nyaman. Meski tak nyaman, Anda para Kaum Hawa tak perlu khawatir, ada cara alami dan mudah untuk mengatasi masalah tersebut seperti dilansir Onlymyhealth, Rabu (16/01). 
 
1. Konsumsi teh dan rempah-rempah
Mengonsumsi rempah-rempah seperti ketumbar, jahe, dan daun teh dipercaya bisa memperlancar dan membuat siklus menstruasi Anda teratur. Untuk mengonsumsinya, bahan-bahan tadi dihancurkan hingga menjadi pasta. Setelah itu masak makanan dengan menambahkan beberapa sendok pasta tadi sebagai bumbu tambahan. 
 
Para ahli herbal menyarankan agar Anda menggunakan rempah-rempah yang segar untuk membuat pasta. Namun jika Anda tidak suka dengan rasa campuran ini, Anda bisa menambahkan lemon, madu, atau susu, agar rasanya lebih enak. 
 
2. Perubahan diet
Menstruasi yang tidak teratur bisa juga disebabkan konsumsi makanan pedas dan gorengan berlebih. Untuk itu hindari dua hal tadi. Kemudian jika sudah bisa menghindari makanan pedas dan gorengan, batasi pula mengunyah permen serta makanan manis di antaranya cokelat dan kue.
 
Cokelat dan kue atau makanan manis bisa membuat tubuh menjadi gemuk hingga kelebihan berat badan. Nah, kelebihan berat badan dapat menjadi alasan siklus menstruasi seseorang tidak teratur. Oleh karenanya, perubahan pola makan dapat membantu mencegah kenaikan berat badan serta masalah menstruasi yang dihasilkan. Selain itu, hindari minum minuman berkafein dan alkohol
 
3. Jahe dan biji adas
Minum wedang jahe dengan madu dua kali sehari secara teratur membantu mengatur siklus menstruasi. Biji adas dengan rasa mint yang menyegarkan juga dianggap sebagai obat alami yang efektif untuk menstruasi yang tidak teratur.
 
4. Lobak dan susu mentega
Dari dulu, bahan-bahan herbal atau alami yang dihasilkan tumbuh-tumbuhan memang selalu berkhasiat baik bagi kesehatan tubuh. Kali ini giliran lobak dan susu mentega. Untuk mendapatkan manfaat dari lobak dan susu mentega, Anda bisa membuat ramuan berikut.
 
Haluskan lobak dan tambahkan sedikit air hingga menjadi pasta. Lalu, campur pasta lobak dengan susu mentega. Minum ramuan ini setiap hari di pagi hari untuk memperbaiki kondisi Anda. Baiknya, minuman ini dikonsumsi selagi perut masih kosong.
 
5. Jus daun peterseli
Minum jus daun peterseli segar setidaknya sekali sehari mampu membantu mengatur siklus menstruasi. 
 
6. Air tebu
Minum air sari tebu satu sampai dua pekan sebelum siklus menstruasi yang biasanya Anda dapatkan juga membantu menstruasi Ada menjadi teratur. Selain dengan melakukan pengobatan rumahan untuk mengatasi siklus menstruasi yang terganggu tersebut, Anda juga perlu menjalani hidup bebas stres dan cukup istirahat.
 
Selain itu, hindari melakukan latihan berat selama lebih dari 30 menit sehari, karena dapat mengganggu keseimbangan hormon yang menyebabkan menstruasi tidak teratur.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar