Kamis, 24 Januari 2013

G O T H I K A : Antara Nyata dan Yang Tidak Nyata

Film ini pertama kali di rilis pada tanggal 21 November 2003. Gothika termasuk film paling sukses dari Dark Castle Entertainment, dibintangi utama oleh Halle Berry. Halle Berry berperan utama sebagai psikiatris yang mempunyai prinsip logika dan rasional. Halle Berry tidak percaya akan adanya dunia paranormal , hantu ataupun dunia di dimensi lain. Disutradarai oleh Mathieu Kassovits dan ditulis oleh Sebastian Gutierrez, film ini berhasil sukses di box office dengan merauh $141.6 juta dolar.
Gothika adalah keadaan ketika seseorang mengalami sesuatu yang tidak dapat dirasakan orang lain, sehingga mereka dikatakan gila padahal mereka mengatakan hal yang sebenarnya”
 
Dr. Miranda Grey (Halle Berry) bekerja di rumah sakit jiwa, awal cerita bermula dari Chole(Penelope Cruz) yang berkonsultasi pada Miranda tentang hantu yang dia lihat, Chloe selalu merasa diteror dan ketakutan ketika berada sendiri diruangan. Kerap kali dia sangat depresi tentang apa yang dia lihat dan tidak bisa dilihat orang lain. Dr. Miranda berpola pikir sangat rasional.
“Tidak ada hal sejenis paranormal, atau roh halus”
Suatu malam yang hujan deras, Miranda pulang . Suaminya Doug (Charles S Dutton) menunggunya dirumah, Tapi saat jalanan menuju rumahnya ditutup, Miranda terpaksa memutar balik melewati jalan jembatan. Suatu hal yang mengejutkan terjadi di jembatan itu. Mendadak ada seorang wanita berdiri tepat di depan mobil Miranda, spontanitas Miranda membanting setir nya dan terjadi kecelakaan kecil. Miranda berusaha menolong wanita itu, tapi wanita muda itu teriak marah dan tubuhnya mendadak terbakar.

 
“Miranda tidak menyadari, wanita itu adalah roh penasaran yang penuh amarah”
Mathieu Kassovits memilih Halle Berry sebagai peran utama adalah hal yang menakjubkan. Halle Berry berhasil memikat penonton dengan actingnya sebagai psikiatris dan juga sebagai orang gila.
Terbangun dari tidurnya, Miranda mendapati dirinya terbangun di ruang sakit jiwa. Shock dan tidak tau apa yang terjadi , Miranda mengamuk dan meminta dokter untuk melepaskannya. Dr. Pete Graham(Robert Downey Jr) menjelaskan semua yang terjadi. Miranda ditemukan pingsan dirumahnya , dan suaminya terbunuh sadis ditangannya. Miranda yang sangat mencintai suaminya dan tidak percaya bahwa dia telah membunuhnya mengamuk laying orang sakit jiwa.
“Miranda merasakan apa yang dirasakan pasien-pasiennya, tidak ada satu pun orang yang mempercayai apa yang dia katakana”
Selama tidurnya Miranda selalu dihantui mimpi-mimpi yang aneh. Seperti kejadian pembunuhan suaminya . Beberapa gambaran yang selalu dihantui Miranda adalah “Not Alone”. Wanita yang berada dijembatan itu selalu menghantui Miranda, seperti ada yang ingin disampaikan kepada Miranda. Miranda adalah seorang dokter, dia menyadari dirinya tidak gila, tetapi dia ingin membuktikan apakah hantu itu benar-benar ada.
 
“Akulah adalah orang yang rasional dan tidak percaya paranormal, tapi jika kau benar-benar ada, maka buktikanlah”
Pintu kamar Miranda tiba-tiba terbuka sendiri, Miranda menyelinap masuk ke ruang kerjanya mencari data tentang wanita yang ia jumpai di jembatan. Wanita itu menunjukkan sesuatu lewat kamera cctv, mengarahkan ke ruang tidur Chloe. Ternyata apa yang dikatakan Chloe selama ini benar. Chloe sering diperkosa diruang tidurnya, Miranda hanya melihat bentuk tattoo di dada pria yang melakukannya pada Chloe. Miranda lari menjerit ketakutan, sehari kemudian Miranda menjelaskan semuanya kepada kepala rumah sakit jiwa itu ,di ruangannya Miranda melihat foto wanita yang dia lihat dijembatan itu, dia adalah putri dari kepala rumah sakit jiwa itu bernama Rachel Parsons. Rachel ditemukan mati bunuh diri dengan terjun ke jembatan yang dilalui Miranda. Tapi Miranda yakin Rachel tidak bunuh diri karena dia jelas melihat wajah dan tubuh Rachel banyak terdapat goresan.
 
Rachel membantu Miranda untuk melepaskan diri dari rumah sakit jiwa. Mengikuti instingnya Miranda yang berhasil lolos daru rumah sakit jiwa, pulang ke rumahnya. Disitu dia melihat bayangan bagaimana ia sendiri membunuh Doug, suaminya.
“Halle Berry memainkan peran nya dengan sempurna”

Semalaman Miranda berfikir apa yang terjadi dengannya sampai dia tega membunuh suaminya sendiri. Dan juga kata “Not Alone “ terus menghantuinya, seperti akan menyampainkan sesuatu. Ditengah renungannya, Miranda melihat foto dengan Doug disebuah pondok  yang ia sering kunjungi. Tidak tahu kenapa kakinya melangkah ke rumah pondok itu. Pondok yang sudah tidak terawatt dan sudah lama seklai tidak dikunjungnya. Dipondok itu Miranda menemukan ada ruang bawah tanah, seperti sering digunakan. Diruang bawah tanah itu ada beberapa lampu sorot, sebuah kasur dengan beberapa pisau dan tali, dan tepat di depan tempat tidur itu terdapat sebuah handycam. Ketika Miranda memutar ulang rekaman itu, dia melihat rekaman Doug, suaminya sedang memerkosa dan menyiksa Rachel, wanita yang dia temui di jembatan. Dan juga beberapa korban lainnya.
“Not Alone berarti tidak sendirian, bukan hanya ada 1 korban”
Misteri ini belum selesai, sepertinya Doug tidak sendirian dalam kasus jahatnya ini. Miranda dinyatakan tidak gila, dan kasus pembunuhan Doug beralih ke kepolisian. Miranda kemudian ditahan di kantor sheriff sampai investigasi selanjutnya. Kasus Miranda ditangani langsung oleh Sheriff Ryan(John Caroll Lynch) yang tak lain adalah teman dekat Doug. Selain itu pria yang memerkosa Chloe belum terungkap , siapakah sebenarnya yang punya wewenang untuk menyelinap ke kamar pasien. Dan adakah hubungan Sherrif Ryan dengan criminal yang dilakukan oleh Doug?
Meskipun film Gothika terbilang sukses dari segi keuangan. Namun film ini juga mendapat kritik negative dari beberapa pengamat film. Film Gothika dianggap tidak masuk akal, dan Halle Berry berakting tidak menyelamatkan film Gothika. Rating Holywood untuk film ini pun juga terbilang rendah yaitu 3.7.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar