Kamis, 24 Januari 2013

Stolen: 12 Hours, 10 Million Dollar, 1 Kidnapped Daughter



Tentunya kita semua tahu siapa Nicholas Cage, ia bukan sembarang actor. Nicholas mempunyai ciri khas yang unik dari setiap karakteryang dimainkan, raut wajahnya tidak pernah tenang dan selalu berfikir. Eksistensinya mulai memudar di box office beberapa tahun ini, sebut saya filmnya seperti Ghost Rider: Spirit of Vengeance, The Season of The Witch, tidak menghasilkan uang yang bagus sampai-sampai film-filmnya tersebut tidak bertahan lama di bioskop. Bisa dibilang Stolen adalah filmnya dengan pendapatan terburuk untuk tahun ini. Stolen hanya berhasil meraup 300.000 Dollar lebih dari modal 35 jutanya, ini jauh lebih buruk dari film terakhirnya bersama Nicole Kidman “Trespass”, sampai-sampai pihak Millenium Films harus menarik peredarannya di bioskop setelah dua minggu merilis.
Dalam film ini Nicholas Cage berperan sebagai Will Montgomerey, perampok handal yang selalu lolos dari incaran polisi. Sampai suatu saat pada misi merampok bank, Nicholas mendapat konflik dengan rekannya Vincent, diperankan oleh Josh Lucas. Will yang akhirnya tertangkap oleh polisi harus mendekam di penjara selama delapan tahun. Bebas dari penjara, Will tidak menyangka temannya Vincent telah memalsukan kematiannya dan menaruh dendam kepadanya. Vincent menculik putri Will dan menahannya dalam bagasi taksi. Dalam hitungan dua belas jam Will harus menebus putrinya dengan uang sepuluh juta dollar.
Ide cerita Stolen mirip dengan film Taken yang diperankan oleh Liam Neeson. Liam berusaha menyelamatkan putrinya dan segerombol penculikan perdagangan bebas. Poster Stolen pun tak sesuai dengan isi film tersebut. Pada poster Nicholas Cage tengah berlari dari mobil yang terbakar, di dalam film pun tidak ada scene yang seperti itu. Banyak kekurangan dalam film Stolen, pendapatannya berbanding lurus dengan kualitasnya. Pemyutradaraan Simon West dikatakan memperburuk cerita Stolen, beberapa potongan scene bisa dikatakan tidak masuk akal seperti contohnya polisi yang menangani kasus Will dengan sengaja memalsukan cerita kepada public karena iba melihat kegigihan Will menyelamatkan putrinya.
Sebenarnya susah untuk mendeskripsikan film Stolen ini. Jika dikatakan film ini buruk, tetapi masih banyak film yang lebih buruk dari Stolen. Dan juga sebaliknya, jika dikatakan standard tetapi banyak elemen yang terlalu biasa dan tidak masuk akal dalam film ini. Vincent menaruh dendam kepada Will sejak mereka gagal membawa kabur uang seniai 10 juta dollar, terjadi perkelahian kecil yang mengakibatkan Vincent tidak sengaja menembak kakinya sendiri. Selama delapan tahun ternyata, Vincent diceritakan dengan karakter yang berbeda. Menyamar menjadi supir taksi, dengan potongan rambut panjang dan kantung bawah mata yang hitam. Ditambah lagi, kaki Vincent cacat karena tembakan delapan tahun silam. Di bagian ini tidak masuk logika mengapa hanya sebuah tembakan bisa membuat kaki di amputasi, apalagi bekerja sebagai supir dengan kaki palsu.
Menonton film ini bisa dikatakan sebagai sebuah penyesalan, karena tidak ada ketegangan sama sekali. Nicholas Cage memerankan seorang perampok handal yang mempunyai ide jenius. Dan karakter pendukung lainnnya seperti agen FBI Danny Huston terlihat bodoh. Bagaimana mungkin agen FBI meremehkan apa yang dikatakan mantan narapidana. Banyak karakter-karakter bodoh yang mondar mandir di film ini. Film Stolen hanya menghabiskan waktu luang kita. Apa yang terjadi dengan Nicholas Cage dalam dua tahun ini? Bahkan ia tidak sanggup mengumpulkan 500,000 dlar untuk Stolen. Berbeda dengan Brat Pitt, Tom Cruise, dan Liam Neeson yang namanya semakin melambung. Nicholas Cage benar- benar butuh waktu untuk mengembalikan karismatik aktornya seperti dalam film Con Air dulu.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar