Kamis, 24 Januari 2013

CHLOE : Erotisme Perselingkuhan

Film Chloe yang dirilis pada tahun 2009 ber-genre erotic thriller ini dibintangi oleh Amanda Seyfried, Julianne Moore, Liam Neeson. Film ini adalah pembuatan ulang dari film Prancis yang berjudul ‘Natalie’ disutradarai oleh Anne Fontaine. Chloe disutradarai oleh Atom Egoyan. Atom Egoyan memberikan unsur erotis tentang perselingkuhan seorang professor dengan pelacur muda yang benama Chloe. Karakter Chloe pun bukan hanya sekedar pelacur murahan, jika kita telusuri banyak emosi kejiwaan dalam karakter Chloe. Dari keseluruhan cerita, film ini menceritakan tentang kehidupan rumah tangga professor yang dibintangi oleh  Liam Neesondengan istrinya yang seorang dokter obsgyn bernama Chaterine (Julianne Moore). Rumah tangga yang dingin, dengan seorang anak laki-laki yang sedang rebel . Chaterine berusaha keras untuk membenahi kembali rumah tangganya yang harmonis. Penonton diajak berfikir dalam cerita ini. Kenapa rumah tangga Chaterine dingin, apakah dirinya sangat membosankan? Apakah motivasi Chloe dalam film ini? 

Film diawali dengan Chloe(Amanda Seyfried) sedang mengenakan baju dan mengangkat telfon . Memperkenalkan Chloe sebagai ‘call-girl’ (pelacur). Disisi lain Chaterine(Jualianne Moore) sedang menunggu suaminya pulang, Chaterine membuat pesta kejutan untuk ulang tahun suaminya, David(Liam Neeson). Mendadak David menelfon tidak bisa pulang karena ada meeting ,Chaterine mulai curiga bahwa David ada hubungan khusus dengan wanita lain. Film ini banyak mengandung alur ‘flash-back’(potongan-potongan adegan di waktu sebelumnya) sehingga membuat penonton berfikir untuk hal yang tidak diduga-duga. Banyak hal yang mencurigakan yang ditemukan Chaterine dari suaminya, seperti beberapa kali Chaterine memergoki David sedang video chatting dengan wanita muda. David mengaku wanita muda itu hanyalah muridnya yang bertanya tentang mata kuliah. Dan juga Chaterine menemukan foto wanita muda yang sama di Iphone David. Adakah professor yang menyimpan foto special muridnya di telefon genggam?
 
Hari demi hari Chaterine berfikir tentang suaminya. Adakah yang kurang darinya sehingga suaminya mencari hiburan lain. Dari kantornya Chaterine memerhatikan keramaian kota, seorang wanita menarik perhatian Chaterine yaitu Chloe. Chloe terlihat suka mondar mandir dengan beberapa pria yang berbeda di sekitar are kantor Chaterine. Chaterine mengikuti gerak gerik Chloe sampai ke sebuah cafeteria. Jelas pekerjaan Chloe adalah seorang wanita panggilan. Chaterine menawarkan perkerjaan untuk Chloe, yaitu untuk menggoda suaminya sendiri, David. Chloe wajib melaporkan detail apa yang terjadi diantara mereka berdua. Tanpa Chaterine sadari Chloe menatap Chaterine dengan pandangan special.
Chloe mengikuti apa yang diperintahkan Chaterine. Semua berjalan dengan sempurna, Chloe tampil sebagai gadis yang innocent dimata David. Davidlah yang merayu Chloe, dan menelfonnya beberapa kali untuk mengajaknya bertemu. Chloe menceritakan detail apa saja yang dikatakan David kepada Chaterine , dan juga cara David berbicara. Chaterine ingin tahu lebih dalam lagi. Hubungan Chloe dan David semakin berlanjut sampai suatu saat David menelfon Chloe untuk bertemu rahasia disebuah hotel dan mengajaknya untuk seks. Setelah David meninggalkan hotel, Chaterine datang dengan informasi Chloe. Chloe menceritakan detail bagaimana david menyentuh, mencium dan caranya mereka bercumbu dengan romantic. Terhenyak Chaterine shock dan sedih , tidak tau apa yang harus dilakukan dia berlari keluar. Chloe mengejarnya dan mengiburnya, memanfaatkan kehampaan Chaterine, Chloe mencoba mencium Chaterine layaknya sepasang kekasih. 
 
Adegan ini sangat membuat penonton kaget, Chloe adalah orang ketiga yang disewa oleh Chaterine untuk mengetes kesetiaan suaminya, tapi disisi lain Chloe memperlihatkan suka yang dalam pada Chaterine. Apakah Chloe seorang bi-seksual? Atau apakah Chloe seorang lesbian, dan pelacur hanyalah suatu perkerjaan baginya? Jika kita telaah banyak sisi kejiwaan yang janggal dari Chloe, umurnya hanya belasan bewajah innocent, dia menjalani perkerjaannya sebagai pelacur tanpa beban sedikitpun.
Keretakkan rumah tangga Chaterine, ditanggapi senang oleh Chloe. Setiap hari Chloe datang ke kantor Chaterine dengan membawa buket bunga. Secara tidak sengaja Chloe bertemu anak laki-laki Chaterine. Chloe mendekatinya dan keesokan harinya mereka bertemu.


Penonton diajak bertanya-tanya apa sebenarnya motivasi Chloe dalam keluarga Chaterine. Ada penyesalan membawa Chloe dalam kehidupannya, tapi tidak tahu kenapa Chaterine mendatangi Chloe ditempatnya dia bekerja untuk hiburan. Chaterine dan Chloe melakuka seks, dan Chaterine menikmatinya. Chloe mengantarnya pulang dan memberikan Chaterine jepit rambut warisan dari ibunya. Sepertinya Chloe benar-benar menaruh hati pada Chaterine. Diam-diam Chaterine membuat pertemuan rahasia antara David dan Chloe tanpa sepengetahuan mereka berdua. David seolah-olah tidak mengenal siapa Chloe sebenarnya, dan Chloe sangat marah pada Chaterine yang ingin kembali pada David setelah apa yang dia perbuat dibelakangnya.
Tak kuat menyimpan rahasia, Chaterine menceritakan semuanya pada David. Dari dia membayar Chloe, sampai ketidaksengajaanya tidur dengan Chloe. David meyakinkan Chaterine dia tidak mengenal siapa Chloe dan tidak pernah melihatnya sebelumnya. Chaterine yang sangat mencintai David dan menginginkan perkawinannya utuh mempercayai semua kata David. 


Kemarahan Chloe membuat dia mendatangi anak semata wayangnya. Chloe mengajaknya bercumbu dikamar milik Chaterine. Ditengah-tengah itu Chaterine masuk dan memergoki mereka. Chaterine memintanya untuk menjauhi keluarganya, tapi bagi Chloe semuanya sudah terlambat, Chloe sudah terlanjur menaruh hati pada Chaterine. Ditengah pertengakaran mereka berdua, Chloe terlempar ke jendela dan meninggal ditempat.
Inilah puncak klimaks dari film Chloe. Cerita berakhir dengan kematian Chloe dan tidak ada kebenaran bahwa David telah berselingkuh. Cerita ini membuat kita mempelajari kejiwaan wanita. Chaterine adalah wanita kesepian , seorang istri dan ibu rumah tangga yang tidak pernah dianggap oleh keluarganya. Sedangkan Chloe sendiri seorang biseksual yang berprofesi sebagai pelacur muda yang ditinggal mati ibunya saat kecil, mendambakan kasih saying ibu dan cinta kekasih yang ia temukan di diri Chaterine.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar