Sabtu, 19 Januari 2013

Bergembiralah Karena Itu Menyehatkan


Mungkin kamu pernah dengar kata-kata 'Kebahagiaan adalah Kunci Kesehatan'. Ungkapan itu benar adanya. Sebab kebanyakan orang sakit akibat perasaan stres dan depresi atau tertekan
 
Sayangnya hingga kini, sebagian besar manusia belum tahu hal tersebut. Nah, dengan mengetahui kebahagiaan bagus untuk kesehatan mungkin bisa menginspirasi kita agar merasa bahagia selalu. Sebab untuk sehat dengan merasa bahagia itu termasuk sebuah terapi kebugaran untuk kita. 
 
Ingin tahu apa saja terapi kebahagiaanyang bisa dipraktikan sehari-hari seperti dilansir Boldsky:
 
1. Tertawa menurunkan kadar hormon stres
Bisa jadi kamu pernah melihat orang yang berkelompok-kelompok tertawa di taman. Dengan tertawa, sebenarnya bisa mengurangi kadar hormon stres di dalam tubuh. Mungkin kita juga pernah merasa ingin ikut tertawa melihat orang tertawa, maka tertawalah. Aneh jika melihat orang lain tertawa kita malah cemberut dan kaku. Sebab dengan tertawa, hormon stres dalam tubuh bisa turun dan membawa kamu merasa lebih sehat dan bahagia, serta terhibur.
 
2. Kebahagiaan menyembuhkan sakit kepala
Sebagian besar sakit kepala yang datang secara teratur bisa disebabkan stres. Ini berarti kamu harus bisa membuat diri kamu merasa bahagia.
 
3. Orang bahagia tidak akan kram
Sebagian besar orang meremehkan stres. Padahal stres bisa membuat kram otot. Hal ini menyebabkan sakit punggung bawah yang kronis. Kemudian sakit itu bisa menjalar ke belakang leher, dan sebagainya. Ini berarti kebahagiaan sangat besar dampaknya untuk kesehatan.
 
4. Orang bahagia jantungnya sehat
Kesehatan jantung kita tergantung pada kebahagiaan diri kita sendiri. Ini tidak berarti orang-orang yang bahagia tidak akan terserang jantungnya. Tetapi cenderung menguranginya. Emosi bisa menambah tekanan pada jantung seseorang.
 
5. Kebahagiaan menunda kelelahan
Kelelahan hanya menjadi kondisi di saat otot-otot berhenti berfungsi akibat rasa capek. Kebanyakan, rasa lelah membuat seseorang stres. Untuk mengatasinya, kamu harus melakukan kebiasaan positif karena bisa memberikan banyak energi.
 
6. Orang bahagia umurnya lebih panjang
Pepatah lama mengatakan 'Tidak bahagia memakan hidupmu'. Ilmu kedokteran modern membuktikannya dengan sejumlah penelitian. Orang bahagia umumnya hidup lebih lama dan sehat dibandingkan orang yang tidak bahagia. Pasalnya, depresi dan stres mengganggu kesehatan tubuh kita. 
 
Enam cara terapi di atas intinya mengajarkan kita untuk selalu merasa bahagia dan bersyukur agar tubuh tetap sehat secara spiritual. Sebab jika secara spiritual kita sehat, fisik pasti merasakan dampak yang positif pula.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar