Sabtu, 19 Januari 2013

Sebab Rambut Rontok Saat Remaja



Mungkin salah satu dari kamu mengalami rambut rontok. Kerontokan pada rambut dan kebotakan memang identik dengan masalah orang tua alias usia. Tapi ternyata, remaja yang masih usia produktif pun bisa mengalaminya. Hal itu disebut kerontokan dini. Kenapa bisa begitu? Berikut penjelasan soal kerontokan rambut pada remaja dilansir Onlymyhealth
 
1. Hormon
Gelombang hormon selama masa remaja bisa menjadi alasan di balik rontoknya rambut. Gadis-gadis remaja dapat mengembangkan ovarium polikistik, yang pada gilirannya dapat menyebabkan rambut rontok. Tak cuma itu, remaja laki-laki dengan ketidakseimbangan androgen dapat mengalami kerontokan rambut.
 
2. Diabetes
Salah satu tanda awal terjadinya diabetes pada anak-anak adalah rontoknya rambut. Laki-laki dan perempuan muda yang mulai mengalami penipisan rambut harus melakukan pemeriksaan kadar gula darah. 
 
3. Konsumsi obat-obatan
Kebotakan dapat terjadi sebagai reaksi terhadap obat-obatan yang efeknya kuat. Rambut rontok dapat terjadi karena obat resep alergi atau kerusakan pada protein yang disebut keratin rambut. Untuk menghindari hal ini, sebelum mengonsumsi obat, tanyakan kepada dokter tentang efek samping dari obat tersebut.
 
4. Kepang dan bahan kimia rambut
Gadis remaja sering membuat kepang ketat dan ekor kuda pada rambutnya. Hasilnya, akar rambut menjadi lemah karena untuk mengepang dan kuncir, rambut ditarik berlebihan. Tak cuma itu, hawa panas panas dari embusan hair dryer (pengering rambut), bisa membuat rambut rusak jika digunakan secara rutin. Gel rambut, semprotan, dan pewarna rambut juga dapat mengakibatkan rambut rontok.
 
5. Perawatan rambut yang berlebihan
Menyisir rambut terlalu kuat, keramas terlalu sering dikombinasikan dengan penggunaan kondisioner ekstra kuat adalah penyebab lain rambut rontok di usia remaja.
 
6. Steroid
Remaja laki-laki mungkin memilih untuk menggunakan steroid sebagai sarana mudah untuk mendapatkan otot dengan cepat. Padahal penggunaan steroid berlebihan atau secara dini dapat membuat Anda menderita kerontokan rambut sebagai gejala awal dari masalah kesehatan lebih lanjut.
 
7. Tinea Capitis
Infeksi jamur atau cacing gelang kulit kepala diketahui ditemukan pada orang-orang muda. Remaja yang melakukan olahraga atau kegiatan lain yang mengarah pada keringat berkepanjangan dapat mengalaminya. 
 
8. Alopecia Areata
Alopecia areata adalah penyebab kebotakan yang umum pada remaja. Alopecia areata adalah gangguan autoimun di mana sistem kekebalan tubuh menyerang folikel rambut. Kondisi ini dapat terjadi pada pria dan wanita. Penyebabnya tidak diketahui, tetapi bisa jadi dipicu stres atau penyakit tertentu. Alopecia areata sering menyebabkan kebotakan pada kulit kepala, alis, atau kaki.
 
9. Makanan
Junk food atau makanan cepat saji dapat menyebabkan kerontokan rambut pada remaja. Tidak ada jumlah produk rambut atau aplikasi herbal yang dapat menghentikan rambut rontok kecuali menjalani diet seimbang

Tidak ada komentar:

Posting Komentar