Sabtu, 19 Januari 2013

Hati - Hati Dengan Shampo Berbahaya


Untuk menjaga keindahan dan kebersihan rambut, biasanya kita mencucinya atau keramas dengan sampo. Bicara soal sampo, ternyata Anda harus waspada dalam memilih sampo. Maksudnya, bisa saja dalam sampo itu terdapat kandungan bahan kimia berbahaya.

Paling tidak, jika hendak membeli sampo, baiknya dilihat dulu kemasannya. Lalu baca bahan-bahan kimia yang digunakan pada label kemasannya. Memang, sampo sendiri terdiri dari sejumlah bahan kimia, jika kita benar-benar tak ingin kontak dengan bahan kimia, itu sama saja Anda tidak keramas.

Nah, laman Times of India membeberkan daftar bahan-bahan kimia yang harus Anda hindari ketika membeli sampo.

1. Sodium Laureth Sulfate (SLS)
Bahan kimia ini biasanya digunakan sebagai bahan dalam deterjen dan termasuk golongan pestisida dan herbisida. Bahan kimia ini juga dikenal sebagai karsinogenik. Karsinogenik adalah substansi yang menyebabkan kanker atau meningkatkan resiko timbulnya kanker. Kanker sendiri terjadi akibat perubahan (mutasi) gen (DNA) dari sel-sel tubuh sehingga berkembang menjadi sel abnormal yang tidak akan mati dan tumbuh tanpa bisa dikendalikan.

2. Dietanolamina
Bahan kimia ini biasanya terdapat dalam produk rambut. Bahan kimia ini juga dapat membentuk karsinogenik. Kenapa bisa demikian? kulit kepala menyerap bahan kimia yang ada di kepala ketika keramas. Nah, di sinilah karsinogenik bisa masuk dan terserap tubuh.

3. Parabens
Parabens adalah suatu bahan kimia yang bisa mempengaruhi tingkat hormon esterogen sehingga menyebabkan ketidakseimbangan dalam tingkat hormon.

4. Formaldehida
Formaldehida (juga disebut metanal atau formalin) juga dikenal sebagai urea doazolidinyl, urea imidazolidinyl, dan quarternium 15. Dari namanya pasti sudah bisa ditebak formalin adalah pengawet, bahan ini merupakan bahan kimia yang digunakan untuk pengawetan mayat.

5. Ammonium Lauryl, Sulfat Laureth dan Sulfonate Ammonium Xylene
Bahan kimia inilah yang berperan mencuci rambut, menghasilkan busa pada sampo yang dipakai. Namun sayangnya, bahan-bahan ini cenderung membuat rambut Anda menjadi kering. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar