Kamis, 24 Januari 2013

SYBIL (The Remake) : Gadis dengan 16 kepribadian yang berbeda.

Sybil diangkat dari kisah nyata tentang gadis yang menderita penyakit kejiwaan, dapat memecah pribadinya menjadi 16 karakter berbeda. Buku Sybil ditulis pada tahun 1973 oleh Flora Rheta Schreiber. Cerita Sybil menjadi dokumentari sejarah dunia, sebelumnya tidak ada yang mempercayai keberadaan penyakit ini yang dikenal sebagai DID (Disability Identity Disorder) alias “Kepribadian Ganda”. Sybil bernama asli Shirley Ardell Mason yang kemudian kerap dipanggil Sybil. Cerita Sybil kemudian di filmkan pada tahun 1976 dan diperankan oleh Sally Field sebagai Sybil dan Joanna Woodward sebagai Dr, Wilbur. Berkat memerankan Sybil , Sally Field memenangkan 4 kategori dalam Emmy Awards 1977.
Sybil kemudian dibuat kembali pada tahun 2007, dikemas dengan alur yang sangat berbeda dengan yang original. Sybil The remake diperankan oleh Tammy Blanchard sebagai Sybil dan Jessica Lange sebagai Dr. C. Wilbur. Banyak kritik pedas tentang pembuatan ulang Sybil, banyak perbedaaan dengan Sybil sebelumnya walau masih menceritakan tentang 16 pribadi yang berbeda. Walaupun begitu berkat film Sybil ,Tammy Blanchard mendapat banyak pujian akan aktingnya oleh para seniman dunia.
“Sybil The Remake menampilkan alur yang sangat berbeda dengan Sybil Original 1976”
Sinopsis:
Berbeda dengan film original, Sybil The Remake dikemas lebih fresh dengan alur yang mudah dimengerti oleh penonton.  Awal film dimulai dengan cuplikan rumah asli dari Shirley Ardell, ditemukan pintu rahasia yang dikunci, telah ditemukan banyak bukti dibalik pintu itu yang membenarkan akan kebenaran cerita Sybil bukanlh rekayasa.
Sybil Dorsett baru saja pindah ke New York, Universitas Columbia untuk mempelajari tentang art. Sybill adalah murid yang berbakat , namun pemalu dan kerap kali bertingkah aneh dikelas. Sampai suatu ketika Sybill memecahkan gelas dan terlihat sangat ketakutan yang akhirnya meninggalkan kelas dengan amarah. Sepanjang kepergiannya Sybill selalu berteriak “ Bodoh , Bodoh, Bodoh , kamu Bodoh”. Dosen Sybill menganjurkan Sybill untuk mengambil cuti dan pergi menemui psykiater yang bernama Dr. C . Wilbur. Disinilah awala perkenalan Dr. Wilbur dengan Sybil. Pada awal diagnosa , Dr. Wilbur menganalisa Sybill menderita penyakit “hysteria” , terlalu khawatir dengan hal kecil dan mendramatisirnya menjadi Sesuatu yang besar. Sybill mengaku sering hilang ingatan, dan kerap kali mengalami beberapa black out. Terakhir kali yang Sybil ingat , Sybil terbangun ditengah-tengah hujan dan mendadak berada di Philadelfia. Sybil benar-benar tidak ingat dan tidak tahu apa yang dilakukannya di Philadelfia seorang diri. 

 
“ Sering kali Sybill mengalami hilang ingatan, dan berada ditempat yang berbeda
Dr. Wilbur mendiagnosa Sybill dari masa kecil nya. Banyak memori yang dikenang Sybill lewat ibu nya dan nenek nya yang sudah meninggal. Ketika Sybill menceritakan masa kecilnya , muncul karakter yang berbeda dengan suara yang berbeda, dengan aksen bicara yang berbeda juga. Dr. Wilbur menilai ini sebagai sesuatu yang langka. Dengan waktu sekejap Sybil bisa bertransformasi menjadi orang yang berbeda 180 derajat. Ketika ditanya dia bukanlah Sybil tetapi orang lain. Dr. Wilbur mendiagnosa Sybil memiliki 16 kepribadian yang berbeda, Dr Wilbur lah yang menemukan jenis penyakit kejiwaan yang baru dan akan di ekspos ke mata dunia.
“Sybil adalah penemuan penyakit kejiwaan baru, dapat memecah kejiwaan”
Dengan sabar Dr. Wilbur mengatasi ke 16 Sybil, dia mempelajari satu per satu . ke 16 pribadi memiliki nama yang berbeda, umur yang berbeda, ingatan yang berbeda dan emosional yang saling bertolak belakang.
 
16 Kepribadian beda:
1.     Sybil Dorsett              : Jiwa Sybill yang sebenarnya. Pemalu, susah untuk bersosialisasi, penakut dan sangat kesepian
2.     Sybil Ann                    : Berumur 5-6 tahun. Sangat pemalu.
 

3.     Vicky                           : Berumur 13 tahun, berkarakter sangat kuat dan berbicara French. Sangat dewasa, terbuka dan menyukai fashion. Vicky yang mengatur pribadi yang lainnya, dan sangat sangat mengenal ke 16 Sybil. Vicky banyak membantu Dr. Wilbur dalam memecahkan kasus Sybil
4.     Vanessa                      : Berbakat dalam bidang music, bermain piano sangat mahir . Bakatnya didapat dari ibunya. Vanessa membantu hubungan percintaan Sybill. Berumur 12 tahun
5.     Sid (Laki-Laki)           : Berumur sekita 8 tahun dangan sangat menyukai football. Dia mengaku dia adalah pribadi dari ayahnya
6.     Mary                           : Memorinya selalu tentang nenek nya, dia berjalan , berbicara dan berperilaku sama seperti neneknya. Mary selalu takut bertemu dengan ibunya.
7.     Nancy                         : Selalu menunggu sampai dunia berakhir. Sangat takut akan Armageddon . Nancy adalah produk dari kerelijiusan ayahnya, Fanatik Khatolik.
8.     Clara                           : Berumur 8-9 tahun. Tidak Banyak diceritakan
9.     Peggy Ann                  : Berumur 9 tahun dan berbicara seperti anak kecil. Sangat berbakat dalam melukis. Kerap kali menangis ketakutan ketika Sybil sedang menangis dia selalu muncul.
10. Peggy Lou                  : Kembaran dari Peggy Ann. Mengaku sangat trauma akan perilaku ibunya. Dan selalu menyalahkan ibunya dan berharap ibunya mati. Hal yang paling ditakutinya adalah dapur hijau (sering disiksa didapur), warna ungu (dulu Sybil menggambar pohon dengan warna ungu dan ibunya mengatakannya bodoh sambil menghancurkan gambaran Sybil), Christmas, Ledakan.
11. Ruthie                         : Berumur sekitar 5 tahun. Yang dia ingat hanyalah teriakan ibunya. Dan selalu menangis histeris dan berteriak “ tolong mama jangan sakiti aku”. Ruthie suka di terror oleh ibunya dan disiksa secara fisik.
12. Helen                          : Berumur 12-13 tahun. Tidak Banyak diceritakan
13. Mike (Laki-Laki)        : Berumur 9-10 tahun. Selalu menyembunyikan lukisan Vicky yang dikerjakannya pada malam hari. Berkarakter usil , sangat berteman dengan Sid.
14. Marjourie                   : Berumur 9-10. Tidak diceritakan
15. Marcia                                    : Selalu berpakaian seperti di pemakaman. Selalu berfikiran akan bunuh diri. Dia berfikir untuk membunuh Sybil di hotel Harlem yang kemudian dihentikan oleh Vicky. Dia berfikir bahwa akhir dari dunia akan datang tapi yang sangat ditakutkan olehnya adalah akhir dari kehidupan Sybil.
16. Tidak Diketahui
Berbagai upaya dilakukan oleh Dr. Wilbur untuk menyembuhkan Sybil menjadi anak normal seperti anak lainnya. Sybil hanya tinggal sendirian di New York disebuah apartment kecil dan tidak terawat. Dr. Wilbur sangat penasaran dengan latar belakang keluarga Sybill. Dr. Wilbur dan Sybill akhirnya berkunjung ke kampong halaman Sybill untuk menemui ayah Sybill. Banyak memori yang  menyakitkan sepanjang perjalanan pulang Sybill. Sybill mengaku bahwa ayahnya adalah seorang yang berdedikasi tinggi dan sangat menyayanginya.
“Ibu Sybil adalah seorang psychopath yang suka menyalurkan amarahnya dengan menyiksa Sybill”
Fakta berkata lain, setelah Dr. Wilbur beremu dengan ayah Sybill, semua diluar dugaannya. Ayahnya seorang yang tidak bertanggung jawab yang membiarkan Sybill berkepribadian ganda. Selama ini ayah Sybill selalu menyembunyikan aib istrinya. Hanya nenek Sybill yang memerhatikan Sybill.
“Ayah Sybill membiarkan Sybill disiksa oleh Ibunya”
Butuh waktu bertahun-tahun untuk menyatukan Sybill menjadi satu jiwa. Dr. Wilbur memutuskan untuk merawat Sybill dan menjaganya. Terapi seperti Hynoterapi ditekankan pada Sybill. Dr. Wilbur berbicara pada ke 16 pribadi itu dan memintanya satu persatu untuk dewasa dan menjadi satu Sybill.
Akhir dari film Sybill the remake ditutup dengan cuplikan lukisan dari Shirley Ardell dari balik pintu yang terkunci dirumahnya. Ada banyak lukisan yang berbeda gaya dan dianalisa dilukis oleh beberapa artis yang berbeda.
Review dan Kritik:
Neil Genzlinger dalam New York Times mengatakan Tammy Blanchard dan Jessica Lange memerankan perannya dengan baik. Alur cerita Sybil the remake terlalu tajam dan to the point, sangat berbeda dengan yang original. Banyak scene yang tidak masuk akal kata Neil G. Bisa dikatakan Neil dan Tammy mendapat nilai A dalam aktingnya tapi lebih tepatnya film Sybil the remake adalah latihan acting untuk mereka berdua.
Roger Catlin dalam Hartford Courant mengobservasi bahwa Sybil the Remake lebih mudah dimengerti dan masuk akal dibandingkan dengan yang original. Tetapi alur dalam film ini terlalu cepat dan terlalu banyak scene yang dipotong.
Kevin McDonough dalam Times Herald Record mengatakan Sybill adalah sebuah karya yang menantang begitu juga untuk actor yang berperan dalam film ini. Peran Sybill bisa dikatakan mimpi semua actor dunia untuk memerankan peran yang menantang ini. Hal yang menyedihkan tentang Sybill the remake adalah waktu perilisannya. Sybill the remake bisa dikatakan tidak sesukses Original sybill, itu dikarenakan waktu perilisannya yang tidak tepat. Walaupun begitu Tammy Blanchard dapat memerankan peran Sybill yang sempurna dan berbeda dari Sybill yang original.
Mattew Gilbert dalam Boston Globe mengatakan dan mempertanyakan kenapa membandingkan Sybill the remake dengan Sybill Original. Dalam pembuatan film selalu ada perbedaan , kekurangan dan kelebihan. Sybill adalah kisah nyata yang diangkat ke dalam sebuah film. Dan Tammy Blanchard menujukkan bakat yang spektakuler dalam film ini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar