Sabtu, 19 Januari 2013

Cara Agar Tetap Sehat Selama Kerja



Perubahan cuaca dan tekanan pekerjaan yang padat bisa jadi membuat kondisi kesehatan kita drop alias tidak fit. Nah, untuk itu kita perlu melakukan hal-hal sederhana untuk menjaga stamina tubuh tetap prima di tempat kerja. 
 
Sebab jika para pekerja sakit-sakitan dan tidak fit, maka perusahaan berpotensi merugi. Dari laporan World Health Organisation(WHO), India saja berpotensi merugi $ 237 juta pada 2015 akibat meningkatnya penyakit jantung, diabetes, stroke, dan kanker karena lingkungan kerja yang tidak sehat.
 
Demi menghindari hal tersebut, berikut tujuh cara sederha agar tetap sehat di tempat kerja seperti disarankan Direktur Eksekutif Escorts Heart Institute and Research Centre, New Delhi, India Dr Upendra Kaul, dikutip Times of India, Jumat:
 
1. Banyak Minum
Air memberikan banyak manfaat bagi tubuh, baik secara fisik maupun mental. Air juga membantu detoksifikasi dan kerja pencernaan. Baiknya, kita meminum paling sedikit delapan gelas per hari. Jika malas bolak balik ke dispenser air, maka taruhlah botol air minum di meja kerja kamu. Jadi kamu bisa minum dengan lebih mudah.
 
Minum air dalam jumlah cukup juga mampu mengurangi stres dan memberikan energi yang cukup sepanjang hari. Agar tidak monoton, kamu juga bisa menyelingi minum limun segar, air kelapa, dan lainnya.
 
2. Jalan-jalan Sejenak
Carilah alasan bagi diri sendiri untuk istirahat sejenak dari pekerjaan dengan berjalan-jalan keliling kantor. Meninggalkan kursi dan berjalan-jalan sejenak bisa membuat kamu tetap fokus, mengurangi lelah, dan membuat kamu merasa lebih baik. Hal gampang yang bisa dilakukan adalah jangan lagi meminta office boy untuk membuatkan secangkir kopi atau teh. Mulai sekarang buatlah minuman sendiri sehingga kamu punya alasan untuk berjalan-jalan sejenak.
 
Atau kamu juga bisa berjalan-jalan di kantor sembari berbicara di telepon genggam kamu. Teruslah bergerak sampai telepon berakhir. Cara lainnya adalah bila naik kendaraan umum atau diantar sopir, turunlah beberapa meter sedikit lebih jauh dari yang biasanya. Jadi, kamu bisa bergerak dan berjalan-jalan sedikit lebih lama. Hal ini mampu mengurangi stres dan tekanan akibat pekerjaan yang padat.
 
3. Berolahraga di Jam Makan Siang
Kamu bisa memanfaatkan 30 menit waktu makan siang untuk berolahraga. Caranya, mungkin bisa dengan usulan kepada kantor tempat kamu bekerja untuk memiliki area gym sederhana, sehingga karyawan bisa sesaat berlari-lari, menggunakan sepeda statis, ataupun treadmill.
 
4. Peregangan Sederhana
Saat stres, orang-orang umumnya merasakan pegal di punggung ataupun nyeri sendi. Meski tetap berada di meja kerja, jangan lupa lakukan peregangan sederhana. Caranya, tetaplah duduk di kursi, lalu lenturkan kaki dan putar-putarkan pergelangan kaki. Regangkan kaki dan tangan sesering yang kamu bisa.
 
5. Gunakan Tangga
Saat naik atau turun lantai kantor, sebaiknya kita tidak bermanja dengan menggunakan lift tetapi gunakanlah tangga. Karena naik turun tangga akan membuat kamu lebih fit dan enerjik. Pasalnya, naik atau turun tangga membuat semua otot bergerak, yang tadinya kaku setelah duduk lama, bisa menjadi lebih rileks. 
 
6. Bawa Bekal Camilan Sehat
Ngemil sambil bekerja boleh saja, tapi camilan yang dikonsumsi adalah snack sehat. Jadi ketimbang membeli keripik, junk food, atau soda, bawalah bekal snack sehat. Granola (campuran aneka kacang dan sereal yang rasanya manis) dan buah-buahan bisa jadi cemilan sehat yang akan membuat kamu tetap sehat.
 
7. Ikuti Game di Kantor
Terkadang beberapa tempat kerja punya kegiatan game olahraga selepas waktu kantor. Misalnya ada yang menggelar tenis meja, basket, ataupun futsal. Agar tetap sehat dan bugar, kamu bisa ikut berpartisipasi dalam aneka game itu.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar