Sabtu, 19 Januari 2013

Minuman Pahit Buat Kita Sehat??



Kebanyakan orang tidak suka minum minuman dengan rasa pahit getir. Padahal, minuman pahit semisal jamu herbal, teh tawar, kopi tanpa gula, dan lain-lain, bermanfaat baik bagi pencernaan. Memang saat dikecap lidah, rasa pahitnya amat mengganggu, tapi pikirkan lagi manfaatnya. 
 
Dilansir Naturalnews, Kamis (03/01), minuman pahit mampu mengatasi masalah pencernaan yang terjadi akibat pola makan buruk. Masalah pencernaan tersebut di antaranya kembung, sembelit, dan kram perut. Selain itu, minuman pahit juga memiliki manfaat lain yakni membantu menjaga berat badan tetap ideal.
 
Sejak zaman Mesir kuno, minuman tonik dengan rasa pahit telah digunakan untuk mengobati berbagai masalah pada perut serta dikonsumsi untuk mencegah kegemukan. Minuman seperti ini mungkin memiliki khasiat yang sama dengan jamu herbal dari ekstrak bahan alam atau teh tawar yang bisa Anda dapatkan dengan mudah.
 
Untuk lebih jelasnya, berikut sejumlah manfaat baik minuman pahit bagi tubuh. 
1. Membantu detoksifikasi, mengeluarkan zat-zat beracun dari dalam tubuh
2. Mendorong aktivitas empedu, lambung dan pankreas
3. Merangsang kinerja hati
4. Memperlancar sistem pencernaan
5. Menghilangkan rasa mual, kembung dan kram perut
6. Mensterilkan saluran usus
7. Mengurangi peradangan
8. Melancarkan sembelit
9. Membersihkan darah
10. Meningkatkan energi
11. Meningkatkan fungsi kekebalan tubuh
13. Menenangkan depresi
 
Minum minuman pahit dapat menjaga berat badan dengan cara mempengaruhi organ hati. Hati yang sesak karena lemak, karbohidrat, dan konsumsi gula berlebih, bakal membuat hati tidak dapat berfungsi baik. Sehingga, hati tidak bisa menawarkan racun yang masuk ke tubuh melalui makanan dan memecah lemak. Hal ini lama kelamaan dapat menyebabkan kenaikan berat badan.
 
Rasa pahit dapat memutus siklus tersebut dengan cara detoksifikasi hati dan meningkatkan produksi cairan empedu bersama dengan asam lambung. Sehingga sistem pencernaan dapat bekerja dengan lebih efisien dan sistem metabolisme tubuh dapat membatasi penyimpanan kelebihan lemak dalam tubuh.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar