Sabtu, 19 Januari 2013

Makanan Baik Untuk Mata



Mata adalah salah satu dari lima indera yang penting dan harus dijaga. Sebab jika tidak, bisa fatal akibatnya. Kebutaan, katarak, dan masih banyak lagi, tentunya amat berbahaya. Untuk itu, kesehatan mata harus benar-benar diperhatikan. Salah satunya adalah dengan memakan makanan yang mengandung vitamin untuk kesehatan mata. 
 
Vitamin apa saja yang dibutuhkan mata agar tetap sehat? Berikut sejumlah makanan yang bagus untuk kesehatan mata dikutip YourHealth:
 
1. Buah Durian
Menurut ahli bedah mata Jerry Tan dan Por Yong Ming, durian memberikan penderita katarak Vitamin B yang sangat penting untuk kesehatan dan kadang-kadang digunakan sebagai suplemen untuk kesehatan mata. Durian terbukti membantu menjaga kesehatan mata dan mencegah timbulnya degenerasi makula (penyakit mata yang sangat serius). Vitamin B2 dikenal penting untuk struktur permukaan mata, mencegah konjungtivitis, dan kerusakan kornea.
 
2. Bayam
Dalam bayam, terkandung empat bahan untuk perlindungan mata, yakni vitamin C, beta karoten, lutein, dan zeaxanthin. Lutein dan zeaxanthin berfungsi seperti tabir surya untuk mata yang menyerap 40 sampai 90 persen dari intensitas cahaya biru. Makan bernutrisi dapat meningkatkan kepadatan pigmen dalam makula, yang melindungi sepasang mata kita.
 
3. Wortel
Wortel dikenal kaya beta karoten. Beta karoten adalah antioksidan yang membantu mengurangi risiko degenerasi makula dan katarak. Wortel juga sumber vitamin A yang sifat antioksidannya membantu mencegah kerusakan akibat radikal bebas untuk mata dan mempertahankan visi yang tajam.
 
4. Ubi jalar
Ubi jalar mengandung beta karoten yang menghasilkan warna oranye dan kuning. Ubi jalar mengandung nutrisi yang dapat membantu menjaga kesehatan mata. 
 
5. Teh
Teh diketahui mengandung antioksidan kuat. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa minum banyak teh, misalnya lima cangkir sehari, dapat membantu mencegah atau menunda perkembangan katarak.
 
6. Zat Seng
Retina memiliki konsentrasi seng tertinggi yang ditemukan dalam tubuh. Zinc ditemukan terutama dalam daging, ikan, unggas dan dan jenis lain dari seafood, terutama tiram. Orang dengan degenerasi makula biasanya memiliki tingkat zat seng di retina yang amat rendah. Untuk itu, perlu mengonsumsi makanan yang kaya zat seng.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar