Sabtu, 19 Januari 2013

Fakta Kulit Keriput


Pernahkah Anda mengalami jari keriput ketika lama kontak dengan air? Hal ini mungkin membuat sebagian orang merasa aneh dan kadang bertanya-tanya ketakutan. Padahal, jari keriput setelah kontak dengan air dalam waktu lama itu biasa. Justru hal ini membantu manusia melakukan berbagai kegiatan
 
Sebagai contoh, ketika Anda sedang mencuci piring. Saat mencuci piring, jari tangan pasti bersentuhan dengan air, nah jika kelamaan jari bakal keriput. Nah, jari  yang keriput ini berfungsi membuat kulit menjadi rapat sehingga terhindar dari menjatuhkan piring. Pasalnya, keriput di jari terjadi ketika pembuluh darah menyempit, sehingga ujung jari menyusut dan kulit tertarik.
 
Sehingga salah satu fungsi jari tangan yang keriput adalah membuat seseorang lebih mudah memegang sesuatu di bawah air dan mengambil benda-benda basah. Hal ini sudah diteliti oleh seorang Ilmuwan Newcastle University. Dalam penelitiannya, dia meminta orang mengambil kelereng dan memancing serta memindahkan dari satu wadah ke wadah lain.
 
Benda yang terendam air diambil dengan tangan normal dan dengan tangan yang telah direndam air hangat selama setengah jam untuk membuatnya keriput. Jari keriput lebih cepat saat memungut benda basah tapi sama sekali tidak ada gunanya untuk memindahkan barang yang kering. Hasil laporan ini kemudian dipublikasikan dalam jurnal Royal Society Biology Letters.
 
"Kerutan di jari-jari kita dalam kondisi basah bisa membantu mengumpulkan mengambil sesuatu benda dari vegetasi basah atau sungai," kata Peneliti Tom Smulders seperti dikutip Dailymail, Kamis (10/01).
 
Selain jari tangan, jari kaki juga bisa mengkerut alias keriput. Jari kaki yang keriput saat kena air ata basah memiliki fungsi yang mungkin tak pernah difikirkan banyak orang. Menurut Smulders, jari kaki yang keriput membantu kita saat berjalan dan berlari di dasar yang licin. Setelah melakukan penelitian ini pada manusia, Ia berencana menggelar penelitian lanjutan untuk mengetahui apakah hewan juga mengalami hal yang sama.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar