Kamis, 10 Januari 2013

Kotak-kotak Manis Battenberg Cake

Jakarta - Sponge cake menjadi dasar dari pembuatan banyak jenis kue. Salah satunya adalah Battenberg cake, yang merupakan paduan antara sponge cake yang lembut dan marzipan yang manis dan legit. Tampilannya unik, karena berbentuk kotak-kotak berselingan.

thumbnail
Battenberg cake konon pertama kali dibuat pada tahun 1884. Kala itu, chef di kerajaan Inggris khusus membuat cake ini untuk merayakan pernikahan Princess of Hesse and by Rhine dengan Prince Louis of Battenberg asal Jerman. Dari situlah nama 'Battenberg' diambil.

Hingga kini, Battenberg cake masih sering dinikmati warga Inggris. Umumnya, kue ini berwarna krem di bagian luar. Lapisan ini dibuat dari marzipan, yaitu adonan yang terbuat dari almond bubuk dan gula.

Membuatnya juga tak begitu rumit. Sponge cake dibuat dari komposisi mentega, gula, telur, terigu dan susu. Adonan yang sudah tercampur rata kemudian dibagi menjadi dua, dan diberi pewarna kuning dan merah muda. Pewarnanya hanya sedikit digunakan, agar warnanya tak terlalu mencolok.

Adonan lalu dimasukkan ke loyang persegi panjang untuk menghasilkan sponge cake yang tak terlalu tinggi ukurannya. Setelah matang, cake kuning dan merah mudanya diiris menjadi dua. Kemudian ditata berseling. Satu iris kue pink dan kue kuning di bagian bawah, lalu ditumpuk dengan kue dengan warna berlawanan. Sebagai perekat, bisa menggunakan selai aprikot, strawberry, ataupun blueberry.

Gilas adonan marzipan hingga tipis dan dilapiskan di atas sponge cake yang sudah tersusun hingga seluruhnya terbungkus marzipan. Begitu diiris, bagian dalamnya seperti papan catur, kotak-kotak dengan warna kuning dan pink.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar