Kamis, 17 Januari 2013

Jejak NASA Terlihat di angkasa

detail berita
CALIFORNIA - Sejak mendaratnya di Mars pada Agustus tahun lalu, robot ciptaan National Aeronautics and Space Administration (NASA) Curiosity telah melakukan berbagai macam penelitian material Mars. Jejak robot dengan misi senilai USD2,6 miliar itu dapat terlihat dari luar angkasa.

Dilansir MSN, Jumat (18/1/2013), kamera luar angkasa milik badan antariksa Amerika Serikat telah merekam jejak robot Curiosity di Mars. Gambar yang diambil pada 2 Januari 2013 itu, diabadikan oleh kamera HiRise (High Resolution Imaging Science Experiment) yang berada di Mars Reconnaissance Orbiter.

Kamera HiRise telah menangkap jalur yang dilalui Curiosity sejak mendaratnya pada Agustus 2012 di wilayah Mars, Gale Crater. Situs pendaratan robot beroda ini dinamakan Bradbury Landing, yang diambil dari penulis penulis fiksi ilmiah Ray Bradbury.

Foto tersebut menunjukkan jalan berkelok-kelok yang dilintasi Curiosity. Terdapat area dangkal yang dinamakan Yellowknife Bay. Robot beroda enam itu telah menempuh 2.300 kaki (700 meter) selama lima bulan pertama di Mars.

"Trek ini tidak telihat di mana rover Curiosity baru-baru ini dikendalikan menuju permukaan yang lebih terang," ujar Alfred McEwen, peneliti utama HiRise dari University of Arizona. Ia mengatakan, lintasan Curiosity lebih mengarah ke jalur keras ketimbang tanah yang gelap.

Seperti diketahui, misi utama Curiosity ialah menentukan apakah area Gale Crater bisa mendukung munculnya kehidupan mikroba. Robot yang dikembangkan NASA ini membawa 17 kamera dan 10 instrumen penelitian yang berbeda. (fmh)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar